Rabu, 30 Mei 2012

Menu Busuk Dunia Pendidikan di Rohul

on Sunday, June 6, 2010 at 2:05pm ·
(tulisan ini disebarluaskan Harian Vokal terbitan 7 Juni 2010)

Di suatu momen, filusuf Inggris kenamaan, Francis Bacon bekomentar, harapan adalah sarapan yang baik, tetapi makan malam yang buruk. Berselang beberapa hari yang lalu, kepala sekolah 012 Desa Pasir Baru, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rohul kena formula intelektual sang pemikir.
Sang kepala sekolah ringan tangan dan main pukul manakala anak didik tak patuh. Harapannya hanya satu, agar anak didik lebih baik dan disiplin bisa ditegakkan. Namun sayang seribu kali kali sayang, kepala sekolah sepertinya bertipikal penganut kehidupan barbar. Emosi merledak dan tidak terkendali.
Namun karena ini jua barangkali, sang guru tersandung masalah. Tabiat tak elok telah menghantarkan dia pada posisi yang tidak disukai banyak orang. Jika tak salah, atasan sang guru di Dinas Pendidikan sempat juga marah. Kalau begini, biasanya alamat matahari telah terbenam. Sang surya nyaris menghilang di ufuk barat. Hanya kemilau langit jingga yang ada di atas kepala.
Kebanyakan kepala sekolah di negeri ini adalah orang pilihan. Pilihan karena kedekatan dan lain sebagainya. Ke kantor agak siang, lalu pulang agak cepat. Karakter buruk sang kepala sekolah bersumber dari cara mereka mendapatkan posisi bergengsi. Awalnya tak baik, lalu bagaimana pula tengah dan akhirnya akan bagus.
Tengah asyik-asyiknya membaca berita arogansi kepala sekolah, seorang teman terdengar membaca rangkaian kalimat. Begini bunyinya; Bila Anda lelah dan putus asa dari upaya sia-sia. Tuhan tahu seberapa keras Anda telah mencoba.
Bila Anda telah menangis begitu lama dan hatimu dalam penderitaan …
Tuhan telah menghitung air matamu.
Jika Anda merasa bahwa hidup Anda sedang ditahan dan waktu telah berlalu Anda dengan… Tuhan sedang menunggu bersama Anda.
Ketika Anda kesepian dan teman-temanmu terlalu sibuk bahkan untuk panggilan telepon … Tuhan sisi Anda.
Bila Anda pikir Anda sudah mencoba segalanya dan tidak tahu ke mana harus berpaling … Tuhan memiliki solusi.
Ketika tidak ada yang masuk akal dan Anda bingung atau frustrasi …
Tuhan memiliki jawabannya.
Jika tiba-tiba pandangan Anda yang cerah dan Anda menemukan jejak-jejak harapan … Tuhan telah berbisik kepada Anda.
Ketika segala sesuatu berjalan dengan baik dan Anda memiliki banyak untuk berterima kasih atas … Tuhan telah memberkati Anda.
Ketika sesuatu yang menyenangkan terjadi dan kamu dipenuhi dengan kagum … Tuhan telah tersenyum kepadamu.
Bila Anda memiliki tujuan untuk dipenuhi dan mimpi untuk mengikuti … Tuhan telah membuka mata dan memanggil Anda dengan nama Anda.
Ingat bahwa di manapun Anda berada atau apa pun yang Anda hadapi … Tuhan TAHU.
Wahai Fulan! Sampaikan kalimat dia atas pada sang kepala sekolah, agar hatinya lembut. Wahai Fulan, kabarkan juga kepada Kepala Dinas Pendidikan setempat, agar dia mengajarkan khazanah cinta kepada bawahannya. Usai itu, mari kita bermimpi ada kearifan di dada sang kepala sekolah. Agar guru pantas lagi digugu dan ditiru. Hmmm…***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar