Rabu, 13 Juni 2012

Saya Ingat Nama Fulan

on August 14
(TULISAN INI MENGHIASI HARIAN PAGI VOKAL)
Satu manfaat puasa bulan ini tahun ini adalah Fulan diajarkan mengingat nama orang yang pernah berkenalan dengannya. Ini penting sebagaimana dikatakan psikolog besar, Dale Carnegie bahwa nama seseorang bagi orang yang memiliki nama tersebut adalah suatu kata-kata yang paling merdu dan indah di telinga orang tersebut bahkan dalam bahasa apapun.
Karena begitu pentingnya sebuah nama, tak heran pula. Dale Carnegie, yang mengubah nama belakangnya “Carneye” menjadi “Carnegie”. Alasannya karena di zamannya terkenal seorang miliarder pengusaha baja terkenal bernama Andrew Carnegie. Banyak orang yang mengira kalau Dale Carnegie dan Andrew Carnegie memilki hubungan keluarga, tetapi sama sekali tidak. Sejak saat itulah nama Dale Carnegie melambung bahkan mengalahkan ketenaran Andrew Carnegie sampai saat ini.
Kata orang, nama adalah sebuah pintu gerbang untuk berkenalan dan menjalin hubungan dengan orang lain. Sama-sama mungkin pernah kita alami betapa tidak enaknya ketika kita sering bertemu dan berinteraksi dengan seseorang, tetapi kita tidak tahu namanya.
Jim Farley dengan bakat alaminya mampu menyebut nama depan seseorang bahkan hingga lima puluh ribu orang. Kemampuan Jim Farley ini membantu dirinya menempatkan Franklin D Roosevelt ke Gedung Putih, tatkala dia memimpin kampanye Roosevelt pada tahun 1932. Talenta mengingat nama bisa mengantarkan orang jadi presiden.
Pada awalnya, hal itu sangat sederhana. Setiap kali dia mendapat seorang kenalan baru, dia akan mencari tahu nama lengkapnya beserta beberapa fakta tentang keluarganya, bisnis, dan opini politiknya. Dia menanamkan fakta-fakta ini ke dalam pikirannya sebagai bagian dari gambaran, dan lain kali ketika dia berjumpa dengan orang itu, bahkan meskipun itu terjadi setahun kemudian, dia bisa menjabat tangannya, menerangkan tentang keluarganya, dan menanyakan tentang tanaman hias di kebun belakang. Tidak heran bila kemudian mengembangkan perolehan banyak pengikut.
Jim Farley sudah menemukan jauh lebih dini dalam kehidupan. Bahwa rata-rata orang menaruh minat kepada namanya sendiri daripada nama orang lain di bumi ini digabung menjadi satu. Ingatlah nama itu dan panggillah dengan sikap bersahabat, dan Anda sudah memberikan pujian yang sangat efektif. Namun jika Anda melupakannya atau salah menyebutnya – Anda sudah membuat diri Anda mendapat banyak kerugian. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar