Selasa, 12 Juni 2012

Senyum Termahal di Dunia

(TULISAN INI DIPUBLIKASI HARIAN VOKAL, 6 DESEMBER 2010)
Ini perkara senyuman bintang Hollywood, Julia Roberts. Aktris cantik yang baru-baru ini melakukan syuting di Bali, menjadi artis paling mahal. Senyumnya saja dihargai oleh iklan kopi Lavazza senilai 1,5 juta dolar atau sekitar Rp 13,5 miliar.
Sang bintang Pretty Woman ini berperan untuk karakter `Venus` sang dewi pelukis yang keras kepala yang tidak mau memberikan senyumnya yang terkenal, sampai dia diberi secangkir kopi Lavazza A Miodo Mio, yang akhirnya membuatnya tersenyum. Kalau senyumnya saja Rp 13,5 miliar,  yang lain berapa ya?
Fulan yang membaca berita itu geleng-geleng kepala. Dahsyat dan luar biasa! Hanya mengerakan bibir dan mengekpresikan suasana hati yang ceria lagi bahagia, dikompensasi miliran rupiah. Sungguh sebuah nilai nominal yang besar.
Orang yang bergaji Rp 5 juta per bulan memerlukan 2.700 bulan atau 225 tahun untuk mengumpulkan angka sebesar itu. Perlu 5 atau 6 generasi untuk mencapai nilai yang diperoleh oleh Julia. Memang fantastis harga sebuah senyuman dari seorang bintang.
Kalau merujuk kepada pandangan psikolog dan agamawan, senyum itu memang mahal nilainya. Senyum itu ibadah. Jika Anda tersenyum, Anda terlihat lebih manis, Anda bisa mendapatkan senyum lagi. Senyuman menunjukan keramahan Anda dan bisa mendapatkan teman baru, memberikan kesan yang positif, menjadikan Anda lebih ceria, lebih percaya diri dan meringankan beban yang menghimpit.
Nabi Muhammad mengajarkan, senyuman kepada saudara adalah sedekah. Malah dianjurkan lagi untuk tersenyum kepada semua orang, termasuk orang yang pernah menyakiti hati. Membalas keburukan dengan keburukan adalah hal yang biasa namun membalas keburukan dengan keindahan tentunya sesuatu yang luar biasa sebab semua itu peristiwa menggoreskan makna dalam kehidupan.
Kata orang, senyum yang tulus termasuk hal pokok dalam hubungan kemanusiaan, untuk mencipta persahabatan yang berhasil, dalam membangun hubungan keluarga, juga dalam segala hubungan dengan sesama manusia. Senyuman melambangkan cinta dan kasih sayang. Senyum seolah-olah seperti kata-kata cinta yang disampaikan seorang sahabat kepada sahabatnya!
Senyum juga diibaratkan harta karun yang berharga yang tidak membebani Anda dengan satu dirham atau juga dollar pun. Senyum merupakan kunci dari segala kebaikan dan penutup dari segala kejahatan. Senyum mempunyai kekuatan sihir yang ajaib dan pengaruhnya sangat menakjubkan. Seseorang tidak mungin mengabaikannya senyuman, jika ingin mendapatkan cinta dari orang lain. Senyum adalah kuncinya.
Kebanyakan dari perusahaan-perusahaan sukses mengharuskan kepada pegawainya yang berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk selalu tersenyum, agar mendapatkan pelanggan dan memuaskan para klien dan konsumen. Pepatah Cina mengatakan, orang yang tidak bisa tersenyum dengan baik, tidak layak untuk berdagang.
Syawab, seorang direktur pada salah satu perusahaan baja di Amerika mengatakan bahwa dia dapat menghasilkan milyaran dolar per tahunnya dengan senyuman. Dia berkata, “Dengan senyumku, aku bisa mendapat milyaran dolar.”
Del Karangie juga menuturkan: “Aku pernah bertemu dengan Mourits Chefalle, seorang aktris Prancis yang sangat terkenal. Dia terlihat berwajah cemberut dan dan tak menyenangkan dilihat. Akan tetapi ketika dia tersenyum, terlihatlah kesederhanaan serta kejernihan sehingga mampu menyihir film-filmnya. Akhirnya aku mengetahui, kalaulah tidak dikarenakan senyumannya, niscaya Maourits hanya akan tetap menjadi tukang kayu yang tidak terkenal di salah satu bengkel di kota Paris”.
Oleh sebab itu senyum merupakan kunci bagi semua hati, bahkan hati yang terkunci rapat sekali pun. Jika Anda melihat seseorang yang muram, wajahnya menggambarkan kekalutan serta kegelisahan, maka tidak ada hal lain yang lebih layak Anda lakukan di depannya kecuali dengan memberikan senyuman. Kemudian Anda pun akan melihatnya tersenyum tanpa dia menyadarinya, dan bisa jadi akan menjadi seorang teman yang tulus bagi Anda.
Dikatakan juga bahwa ketika seseorang tersenyum, maka 13 syaraf wajah bekerja. Sementara ketika seseorang cemberut dia telah memperkerjakan 47 syaraf. Lalu, mengapa Anda harus berbuat zalim terhadap diri dan urat-urat Anda dengan cemberut, bukan tersenyum?
Jika senyum dapat mencipta sebuah kesuksesan, maka cemberut juga menimbulkan kegagalan. Hal ini dikuatkan dengan kisah berikut ini; Para pekerja pada salah satu perusahaan perdagangan di Paris menuntut kenaikan gaji. Namun pemilik perusahaan menolak permintaan itu. Akhirnya para pekerja itu sepakat untuk melakukan mogok senyum kepada para pelanggan sebagai reaksi dari sikap pemilik perusahaan. Aksi ini telah menimbulkan turunnya pemasukan perusahaan pada minggu pertama sebesar 60 persen dari penghasilan minggu-minggu sebelumnya.
Seseorang yang tidak tahu cara bagaimana harus tersenyum, dia tidak akan pernah mampu untuk membuka hati seorang pun. Senyum tulus, hangat, yang lahir dari hati merupakan salah satu rahasia kesuksesan. Senyuman adalah kunci hati juga merupakan simbol cinta dan kasih sayang. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar