Rabu, 30 Mei 2012

Mobil Dinas RZ Lebih Mahal dari Menteri

on Tuesday, December 29, 2009 at 4:52pm ·

Kenapa harus ribut, kalau harga mobil Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II Rp 1,325 miliar? Tak apa-apalah pembantu presiden negeri ini memakai Toyota Crown Royal Saloon, sebuah luxury sedan yang sekelas dengan BMW seri 530, serta Mercedes-Benz E-Class, dan Audi A6.
Jika Anda tahu berapa harga mobil dinas Gubernur Riau, Rusli Zainal (RZ), alamat diam Anda dibuatnya. Anda dijamin tidak akan memprotes lagi. Harga mobil dinas RZ fantastis, yaitu Rp 2,3 miliar. Lebih kurang Rp 1 miliar bedanya. RZ hanya seorang gubernur di Bumi Lancang Kuning, sementara menteri adalah kaki tangan orang nomor satu di republik ini. RZ orang daerah, menteri berkedudukan di pusat. Sudah begitu beda kemewahannya.
Anda akan bertambah tercenggang lagi, kalau Anda tahu harga kendaraan dinas RZ yang lama, yaitu Rp 1,8 miliar untuk Toyota Crown Majesta 3.000 cc. Tetap juga lebih mahal dari nilai nominal mobil menteri. Melirik ke awal RZ jadi gubernur tahun 2003, mobil dinasnya dikabarkan sudah mewah. Dua unit Mercedes Benz dibeli seharga Rp 2 miliar. RZ memakainya selagi berdinas di Jakarta. Di masa itu, mobil dinas menteri merek Toyota Camry hanya seharga Rp 350 juta. Lagi-lagi fasilitas RZ lebih unggul.
Menilik tabiat pejabat negara yang suka bermewah-mewah, bisa jadi petinggi negeri di pusat belajar ke RZ. Mereka meneladani dengan amat baik jiwa borjouis gubernur ini. Bisa jadi pula para menteri itu berpikir, masa fasilitas menteri kalah dari seorang gubernur. Kendati sudah dibelikan negara, masih tetap saja kurang mewah dari mobil dinas RZ. Entah apa pula sekarang yang dipikirkan menteri itu?
Sesungguhnya ketika itu, RZ sudah menuai protes. Ketua LSM Forum Masyarakat Peduli Indragiri Hulu (FMPI) Dedi Yusnianto mengatakan, perilaku RZ amat menyakitkan hati warga Riau. RZ dalam acara-acara resmi pemerintahan, selalu mengklaim angka kemiskinan di Riau lebih sangat tinggi. Tapi aneh, di tengah kemiskinan rakyatnya, RZ tega membeli mobil mewah.
Yang anehnya lagi, di masa itu mobil dinas RZ di Pekanbaru hanya sebuah mobil Toyota Crown. Dalam aktivitas sehari-hari di Riau, RZ ingin menunjukan kesederhanaan pada rakyatnya. Giliran berdinas di Jakarta, dia malah pakai Mercy. Ini menyakitkan hati masyarakat Riau. Tega-teganya di tengah kemiskinan warganya dia enak-enakan di Jakarta. Alamat **

Tidak ada komentar:

Posting Komentar